10 alasan kenapa kamu harus kuliah di jogja

sedikit summary perjalanan aku, 1994 aku lahir di batam, sempat tinggal sama om dan tanteku di pekanbaru beberapa bulan aja, kemudian sekolah sd hingga sma tahun 2013 di batam. tamat sma aku minta lanjut kuliah ke jogja. kenapa aku pilih jojga, karena pada saat itu aku terinspirasi kakak laki-laki yang juga kuliah di jogja. beliau banyak cerita tentang jogja. tentang kampus ugm yang gede banget dan lain sebagainya. aku yang masih kecil dan polos pun jadi kepuhunan ehh kepengen dong kuliah di jogja juga. kemudian aku berhasil menyelesaikan studiku 4 tahun kemudian di tahun 2017. dan di akhir 2017 aku balik lagi ke batam. lalu pada tahun 2018 aku dapat kesempatan bekerja di sebuah perusahaan swasta, yah general kontraktor gitu di daerah ketapang, kalimantan barat. nah HO dari perusahaan aku ini ada di sampit kalimantan tengah. terus, aku dapat kerja lagi di tahun 2019 awal di daerah tanjung uban, 15 menit naik speed dari batam. masih satu provinsi, yaitu kepri. kemudian aku dapat kerjaan lagi di teluk bintuni, papua barat di pertengahan tahun 2109 hingga awal tahun 2020. dari dulu emang udah biasa mandiri dan memutuskan segala sesuatunya sendiri. dari kecil sering ditinggal kerja sama orang tua, bahkan sekolah cuma diajarin hingga pandai membaca. bahkan untuk memilih masuk smp, sma dan kuliahpun aku tentukan sendiri berdasarkan minat aku. dan ternyata proses itu yang membentuk karakter dan kepribadian aku sampe sekarang.

nah sekarang aku pengen ceritain sepenggal pengalaman aku kuliah di jogja. menurutku jogja cocok banget buat perantau. buat orang-orang yang baru belajar mandiri. tinggal sendiri, mengatur keuangan sendiri hingga jalan-jalan sendiri. kenapa?

- bermacam-macam jurusan dan kampus peminatan

kalian tinggal pilih mau kuliah di institut, vokasi, universitas atau sekolah kedinasan. jurusan juga banyak. dari ekonomi, teknik, kedokteran, sosial, seni, kuliner, pariwisata, perkebunan, energi dan mineral, psikologi dan sebagainya. ada kelas karyawan dan reguler. pokoknya banyak. tinggal buka website kampus yang kalian minati.

- ngekos di jogja murah

sama dengan daerah lain, di jogja kalian bisa cari penginapan mulai dari 400rb/month hingga 10jt/month atau mungkin lebih ya. iya itu macam-macam sih, ada kos, kos eksklusif, apartemen, losmen, guest house dan sebagainya. silahkan kalian sesuaikan keinginan selera dan budget kalian. dulu aku tuh pertama nyampe berangkat sama temen yang kuliah bareng di jogja juga. naik pesawat direct 2 jam ke jogja turun di adisutjipto international airport. nah kita dijemput sama kakaknya temenku yang kuliah lagi kuliah di ugm. dibawalah kami ke kosan kakak itu di daerah pogung dalangan. njir masih ingat. itu cuma sebulan aja. abis itu kan aku masuk upn kampus 1 yang di concat. aku ambil kosan di pintu selatan upn. kosan itu atas rekomendasi temen aku pas ketemu wawancara. waktu itu harganya 400rb/month kamar mandi dalam dan isian. udah termasuk listrik. trus aku pindah ke daerah timur upn dengan harga yang sama. jadi gitu gengs, kalo mo nyari kos-kosan ya harus tanya-tanya. trus survey kosannya. nyaman ngga. nanti pasti dapat yang sesuai sama kita. mahal murahnya semua tergantung kita sih. tergantung kesebersihan dan orang-orang di lingkungan kosan kita. dan budget uga. kalian juga bisa pake aplikasi buat cari penginapan.

- orang jogja ramah dan sopan

tetanggaku, mamang burjo, pedagang pokoknya semua orang di jogja ramah sih. kalo kita papasan yah saling lempar senyum dan sapa. sangat diharuskan ya karna kalo ngga ntar dibilang sombong. itu ajaran dari teman-temanku yang orang sana ya. kalo aku nginep nih ya di rumah temen aku yang asli sana. mereka bakal menjamu kita baik bangettt. intinya kita harus jaga sopan santun selama di sana. berbicara yang lembut. apalagi perempuan. duduk yang manis, bahasanya sopanlah.

- makanan murah

semua tergantung gaya hidup sih. kalau kalian suka makanan sehat ya masak sendiri. kalo suka nongki ya makan di cafe. menurutku tempat makan seribu umat ya di burjo yang 24 jam dan angkringan yang buka sore hingga larut malam. kalo untuk sarapan bisa makan soto, lotek, gudeg atau burjo hha. kalo burjo itu emang singkatan dari bubur kacang ijo, tapi di burjo juga dijual magelangan, nastel, indomie dan minuman-minuman gitu. nah kalo masak dulu aku sehari 20-30rb cukup. trus kalo makan di luar 50-100rb sehari. jadi harus pandai-pandai aja sih.

- di jogja ada banyak suku dari sabang sampai merauke hingga mancanegara

dulu aku kuliah teman dan kakak seangkatan aku ada orang sumatra, jawa, kalimantan, sulawesi, bali, ntt, ntb, papua dan ada juga timor leste. trus dulu di gereja aku ikut komunitas sel namanya. ada juga orang indonesia, africa, timor leste dan sempat bikin acara juga dengan orang china, kamerun dan lupa negara mana lagi itu. jadi emang banyak orang yang datang ke jogja selain tujuannya untuk berkuliah. ada seniman, peneliti, ministry dsb lah. nah dari situ aku jadi terbiasa bertemu berbagai macam bentuk dan karakter manusia. aku belajar berorganisasi, bagaimana berhubungan dengan orang lain, berkomunikasi, mempelajari budaya orang lain. padahal aku aslinya introvert. aku nyaman sendiri dan suka berpikir dan sedikit berbicara. tapi dari pengalamanku 4 tahun di jogja aku belajar sedikit demi sedikit membuka diri.

- kehidupan spiritual di jogja luarbiasa

minggu pertama aku di jogja aku langsung bergabung di salah satu gereja di sana. tergabung dalam komunitas sel dan bukan hanya di gereja, tapi juga di kampus. program dan kegiatan gereja di sana itu bagus sekali memfollow up setiap orang. dan juga kampus mendukung kegiatan keagamaan dan dijadikan ukm. nah di situ aku semakin bertumbuh akibat dukungan lingkungan di sana. mungkin sama juga dengan agama-agama lain

- banyak tempat wisata dan karya seni

ada gunung, pantai, sungai, sand dune, candi, kebun teh, sawah, hutan dan desa wisata. selain wisata jojga kaya akan budaya dan seni. ada wayang, teater, tari, lukis, macam-macam deh. pokoknya kalian ga akan stress karena kuliah. nanti kita bahas tempat wisata di jogja ya.

- mudah untuk mencari buku dan jurnal

di jogja banyak perpustakaan. maklum kan banyak kampus. ada perpustakaan kota dan perpustakaan kampus-kampus. biasanya sih setiap kampus membuka untuk umum perpustakaannya. kayak di ugm, aku pernah ke perpus pusatnya sama perpus ilmu geografinya. kita bisa bayar per sekali kedatangan atau per tiga atau enam bulan kalo ga salah ya. aku lupa. waktu itu cari jurnal dan buku referensi buat skripsi.

- banyak lab untuk uji sampel (air, tanah, batuan, logam dan udara)

pokoknya segala urusan perkuliahan lancar jaya. tinggal niat aja yang diperbanyak. biasanya sih uji sampel yang mahal itu air sih. apalagi buat uji kandungan logam di dalam airnya.

- banyak konser

biasanya acara-acara kampus gitu. entah itu dies natalis, atau emang proker tahunan mereka bakal datangin band atau artis gitu. waktu itu aku sempat nonton glenn, sherill shenafia ya kalo ga salah sama fourtwnty. harga tiketnya juga murah sih. 150rb an gitu. yah kalo untuk acara prambanan jazz ya mahal sih untuk ukuran mahasiswa. jadi gausah maksa banget harus nonton konser mahal sih. nanti kalo kalian udah kerja baru. keluarkan uang itu sesuai kebutuhan dan fase kita. sekalipun kita mampu lebih, alangkah baiknya kalo kita lakuin pas kita memang sudah bisa menghasilkan sendiri. jadinya kita belajar prioritas kebutuhan.

- banyak mas-mas ganteng dan mbak-mbak cantik

yah namanya kuliah, kita butuh lah pemandangan segar buat semangat-semangat kuliah. mau lagi di cafe, perpus, burjo, dimanapun pemandangannya segar-segar. hha.

iya pokoknya jogja itu emang lingkungannya mendukung buat kalian mengembangkan diri dan menggali diri kalian sebagai mahasiswa. kalian bisa tetap jadi diri kalian sendiri namun tetap bisa menjadi orang yang terbuka akan perbedaan. ya harus pandai-pandai membawa diri jangan sampai terbawa arus. bergaul dengan siapa saja tapi jangan lupakan your root and your value. kao kuliah ya kuliahnya diselesaikan apapun rintangannya.

Comments

Popular Posts